Rabu, 21 Januari 2015

urang nan suko manghino minang 
  • Yo konsekuen urang Badui Banten dalam mempertahankan adatno.
    Kok dak namuah ikuik caro2 adat Badui, silahkan kalua dari sistem adat badui, tamasuak jikok urang badui ingin sikola dan bausaho dan tagak sorang dilua harato komunal masyarakat Badui.
    Cibo kito bandiang kini ka urang adat Mk nan dipakai kini.
    Lah jaleh nan adat Mk kini ko hanyo bahubuangan sako pusako, tapi nan ano lah masih juo pola pikia no bantuak nan bahubuangan antaro soko jo pusako.
    Antah ongok kini ko .... antah engak.
    Yuk kito diskusikan.

AKTIVITAS TERBARU
Muhammad Isra ... iko urang kampuang ba foto di Mall yo.
Ndeh ... raso di sargo masuak mall tun yo.
Hati-hati, jikok naiak janjang bajalan. Tajilapak lo baeko.
...Lihat Selengkapnya
Suka ·  · 
  • Afnorizal Abukasim Muhammad Isra sadang promosi komoditi barang dagangan sexnya.

    Hati2 ... orang ini merupakan germo sex online karena sebagaimana yang awak dapat info bahwa pekerjaan haramnya ini menular dari perilaku ibunya yang seorang Pelacur jalanan..




Afnorizal Abukasim mengirim di 2 grup.
  • Dak do gai ado parentah untuak patuah kapado Mamak doh. Nan ado parentah tun hanyo patuah kapado kaduo rang gaek.
    Adat Mk manyuruh patuah kapado Mamak, karano sasungguahno nan kamanakan ko adolah anak malang nan dak ba apak.
    Dasar pertimbanganya berdasarkan mamangan adat :
    1. Anak dipangku kamanakan dibimbiang.
    2. Anak digadangan jo harato pancarian, nan kamanakan digadangan jo harato pusako
    (Coba tanggapi dengan analisis yang bernas ya ... jangan kampungan)


Adat Minang kabau sudah saatnya di Museumkan, karena adat Minang Kabau itu Unik dan Antik.
Tatanan adat banyak menimbulkan Mudharat dalam Kekerabatan Keluarga dan membentuk karakter manusia Munafik.
Sudah banyak masalah yang didiskusikan disini, ternyata Adat MK hanya memberikan polemik yang berkepanjangan, antara kaum Hitam dengan Kaum Putih.
Syeikh Ahmad Khatib Al Minankabawi (1855-1916)
Beliau menulis dua buah buku mengenai harta pusaka ini, yaitu; “Al-Da’i al-masmu’ fi ‘il-radd ‘ala yuwarritsu’ ;-ikhwahwa awlad al-akhawat ma’a wujud al-ushul wa’l-furu’ ” yang artinya “seruan yang di didengar dalam menolak perwarisan kepada saudara dan anak-anak saudara perempuan beserta dasar dan perincian”. ditulis dalam bahasa arab dan dicetak di mesir pada tahun 1309 H. (127 tahun yang lalu)
Barang siapa yang masih mematuhi adat yang berasal dari Syaitan, Datuk Perpatih Nan Sabatang dan Datuk Ketemanggungan, disamping hukum Tuhan adalah Kafir dan akan masuk neraka.
Semua harta benda yang diperoleh menurut hukum waris kemenakan dianggap sebagai harta rampasan.
Barang siapa yang mempertahankannya sebagai miliknya, berdosa besar karena menghabiskan harta benda anak Yatim Piatu. Pelakunya adalah Fasiq dan tidak bisa menjadi saksi dalam perkawinan tanpa membuatnya tidak sah.
Untuk itu tobat adalah mutlak dan perkawinan harus diulang kembali, kalau tidak orang menjadi murtad. Hendaknya hubungan diputuskan dengan mereka yang tidak mau menerima hukum waris Islam dan mereka tidak punya hak untuk mendapatkan pemakaman secara Islam.
====
Barati adat minang kabau ko, berasal dari Syaitan, Datuk Perpatih Nan Sabatang dan Datuk Ketemanggungan.
Kok mati, mati anjiang se lah..


Semakin banyak para penganut adat Mk matrilineal nan manjadi sasek dari ajaran Islam. Jan kan jo Islam ... sadang kan jo Adat Mk ABSSBK se lah sasek. Baa lo ka mangatoan dak sasek ?
Hahahahaha anak pacandaian ... kekekekekeke




Emasipasi Pria di Minang Kabau
Sehubungan kuatnya Matriarchat, laki-laki berupaya untuk mendekatkan diri dengan cara transgender, karena merasa lebih bebas untuk berbuat aktivitas dan dihargai oleh wanita.
Pada dunia maya, Disini bisa kita temui, ada beberapa akun facebook menganti nama dan foto perempuan.
Pada Dunia nyata, kira-kira berapa prosen ...ya

Ado sebuah kisah 
Anak padusi padang manjalin kasiah
Jo anak bujang solok
Ko janji lah saikek samati
Kok cinto lah samo bulek untuak naik
Kapalaminan
Alah diduduakan ninik mamak
E. E. E inyo sapasukuan
Kadipangakan etongan ko
Di lanjut kan salah di adat
Ta usie dari nagari
Ka dipisah kan salah di ugamo
Urang ba niat baik di pisah kan

Orang Mk tidak akan pernah menemukan jati dirinya jika dalam fikiran mereka masih sangat kental tentang HPT.
Lihatlah orang2 yang sukses dalam hidupnya. Apakah mereka hidup dalam lingkungan HPT ? Apakah mereka terfikir tentang apa itu HPT ?
Dan lihat serta buka mata lebar2 ... kenapa orang Mk bisa sukses memimpin orang2 di luar Mk yang tidak berdasarkan matrilineal ? Bukankah itu suatu pertanda bahwa orang Mk sendiri tidak cocok karakter dirinya dengan materilineal ?



Teori lainnya tentang terjadinya kekerabatan Matrilineal :
=========================================
Di rumah gadang Mintuo tun misalno ado 4 kaluarga nan kamarno basabalahan. Baa lah mampartangguang jawabkan no tu ha. Pasti ado peluang untuak manggili ban serap nan ado di sabalah kamar masing2 tun. Dek karano fungsi laki2 Mk ko sisuak hanyo jadi Pejantan Tangguh nan datang kutiko malam dan pagi lah harus baliak ka kaumno, mako kejadian ko mungkin sajo tajadi kutiko malam dek dulu dak ado panarangan, yaitu salah sorong nan dialog no takah ko ha :
======================
"Salah cucuak mah da.."
"Iyo"
"tu baa li?"
"anok selah gau...santa nyo"
======================
Akhiano masiang2 bi binguang lai. Anak sia lah paja2 ko ha.
Untuak itu mako mungkin sajo mereka barundiang dari pado bacakak, tatapkan sajo paja2 ko anak2 dari bini no sorang2.
Apo iko dasar dari penetapan matrilineal tun dak ?
(NB : Tanggapi dengan tanpa mamburansang)


Christine Dobbin sudah membantah bahwa yang dinamakan perang padri itu perang antara kelompok Islam dengan kaum adat. Sebenarnya, yang ada adalah PERANG CANDU. Perang antara bandar dan pengedar madat dengan kelompok anti madat yang dimotori oleh ulama. Karena itu sudah saatnya kita mengganti istilah Perang Padri buatan Veth itu dengan PERANG CANDU
Suka · 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar