Selasa, 21 Januari 2014


Walikota Padang Diberi Gelar Datuk Nan Sati
Oleh Ninik Mamak Suku Koto, Ikor Koto
by Taf Chaniago

KOTA PADANG
Gelar Datuk Nan Sati yang di berikan kepada Walikota Padang DR. H. Fauzi Bahar, M.Si di ambil dari Gala (Gelar) Ninik Mamak kami, Datuk Sati Solihin dari Suku Koto Ikor Koto, Koto Tangah Kota Padang.
Di sampaikan Supratman Datuk Tan Basa ketika di konfirmasikan tentang gelar yang telah di sepakati oleh 4 Ninik Suku Koto, Ikor Koto untuk Fauzi Bahar dengan gelar Datuk Nan Sati, di Ikor Koto. Senin (20/1).
Datuk Tan Basa katakan bahwa gelar yang kami berikan sangat tepat sekali buat Fauzi Bahar, atas hasil musyawarah dan mufakat kaum dari Suku Koto Balai Gadang, di hadiri empat Datuk Suku Koto.
Diantaranya Amrizal Datuk Sati, Supratman Datuk Tan Basa, Iskandar Datuk Basa dan Harmoni Datuk Tannaro Sati. Juga di hadiri kaum 4 ninik Sajinjiang Suku Sikumbang.
Kita berharap rangkaian kegiatan acara ini berjalan sesuai dengan harapan dan jadwal yang sudah kita setujui, tentu semua tak terlepas dari kerja keras seluruh panitia pelaksana nantinya, ujar Datuk Basa.
Walikota Padang Melalui Kabag. Humas dan Protokol Kota Padang Mursalim HP. M.Si katakan penggelaran Gala Walikota Padang DR. H. Fauzi Bahar, M.Si sebagai Datuk Nan Sati oleh ninik mamak Suku Koto, Ikor Koto dari jauh hari, memang sudah di rencanakan dengan sebaik – baiknya.
Cuma waktu dan kesempatan belum mengizinkan selama ini, baru sekarang rencana tersebut dapat di laksanakan, semua panitia untuk kegiatan melewakan Gala, Tanggal 8 Februari 2014 mendatang sudah lengkap dan siap bekerja keras serta mensukseskannya.
Tentu sangat perlu dukungan dan kerja sama seluruh unsur yang terkait, baik ninik mamak, bundo Kanduang dan anak nagari serta orang Sumando, ujar Mursalim.
Selanjutnya Ketua Pelaksana kegiatan melewakan gelar Datuk Nan Sati untuk Fauzi Bahar, Drs. H. Firdaus Ilyas, MM. melaporkan bahwa beberapa rangkaian kegiatan sudah berjalan dengan lancar sesuai dengan perencanaan dan skedulnya, di katakana pada acara rapat gabungan Panpel di Lantai II Balaikota Padang Air Pacah, Selasa (21/1).
Di hadri Kepala Inspetorat Yosefriawan, Asisten I Nasir Ahmad, Staf Ahli Afrizal khaidir, Deno Firmansyag Kepala Disbupar, Edi Hasyimi Kepala Bapeda, Muji Susilawat, Haryanto Rustam, Dian Wijaya, Ka. Dishubkominfo Raju Mentrova dan Ka. Dispora Suardi.
Firdaus sampaikan bahwa Kamis 23 Januari 2014 mendatang, akan di gelar acara membasuah Kaki, Pemasangan Saluak dan Malewakan Gelar Datuk Nan Sati dari Suku Koto untuk Fauzi Bahar, di Masjid Raya Balai Gadang/Kantor KAN Koto Tangah, sekaligus makan siang Bajamba di Rumah Gadang di Balai Gadang secara bersama, ujar Ketua Panpel Firdaus ilyas.
Di samping itu, Firdaus katakan bahwa acara Puncak Melewakan Gelar Datuk Nan Sati untuk Fauzi Bahar, Tanggal 8 Februari 2014 mendatang, di Pusatkan di Ikor Koto Kecamatan Koto Tangah di rumah oran Tua Fauzi Bahar, akan di hadiri para undangan yang jumlahnya sampai ribuan orang, terdiri dari sesepuh orang Minangkabau di Jabotabek, sobat, rekan-rekan dan andaitolan serta masyarakat Kota Padang. ujar nya. (taf) — bersama Fauzi Bahar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar