Jumat, 18 April 2014

Siapa Hasyim Ning yang Rumahnya Jadi Tempat Pertemuan 5 Parpol Islam?

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Halaman 1 dari 2
Rumah Hasyim Ning
Jakarta - Rumah Hasyim Ning di Jl Cikini Raya No 24, Menteng, Jakarta Pusat, malam ini menjadi tempat pertemuan 5 parpol dan ormas Islam. Pertemuan ini penting dan melahirkan benih-benih koalisi. Siapa gerangan Hasyim Ning?

Semasa hidupnya, Hasyim Ning merupakan seorang pengusaha kaya raya. Pria bernama asli Masagus Nur Muhammad Hasyim Ning ini lahir di Nipah, Padang, Sumatera Barat, 22 Agustus 1916. Dia meninggal pada Desember 1995 pada usia 79 tahun. Dia merantau ke Jakarta sejak tahun 1937. Dua tahun kemudian, ia sudah ditunjuk sebagai perwakilan NV Velodrome Motorcars di Tanjung Karang, Lampung. Setelah itu, menjadi pemborong tambang batu bara di Tanjung Enim tahun 1941.

Hasyim Ning kembali lagi ke Pulau Jawa, menjadi administratur perkebunan teh dan kina di Cianjur ketika terjadi perang. Karena bercita-cita menjadi tentara walaupun tidak direstui orangtua, ia pun ikut mengangkat senjata di Cianjur, Bandung Selatan, pada tahun 1945. Lima tahun kemudian, ia pensiun dengan pangkat terakhir letnan kolonel.

Setelah pensiun dari tentara dengan pangkat terakhir Letnan Kolonel pada 1951, Hasyim berdagang mobil dan mendirikan Djakarta Motor Company. Setelah dua tahun, usaha itu berkembang menjadi usaha perakitan mobil yang pertama di Indonesia, Indonesian Service Station. Ia kemudian lebih dikenal sebagai pengusaha perakitan mobil, meskipun juga bergerak dalam berbagai bidang, seperti ekspor-impor, bank, biro perjalanan, pabrik kosmetik, dan konsultan rekayasa yang menyerap tidak kurang dari 3.000 karyawan.

Selain itu ia menjadi anggota dewan komisaris PT Jaya, Daha Motor, Jakarta Motor, Hotel Kemang, Asuransi Sriwijaya, PACTO, dan Central Commercial Bank. Pada tahun 1981, ia menjual 49% saham Bank Perniagaan Indonesia miliknya, kepada Mochtar Riady. Delapan tahun kemudian bank ini mengganti namanya menjadi Lippo Bank, dan melakukan merger dengan Bank Umum Asia.

Nah pertemuan tokoh dari 5 parpol dan ormas Islam tersebut digelar di rumah Hasyim Ning tak terlepas dari kedekatan sang istri, Ratna Maida Ning, dengan parpol Islam. Ratna Maida Ning adalah seorang aktivis dan pengusaha Indonesia. Rumah itu saat ini dihuni oleh Ratna.

Sebagai aktivis Islam, Ratna Maida giat di berbagai organisasi dan juga merupakan pendiri Komunitas Muslimah untuk Kajian Islam (KMKI). Selain itu Ratna Maida juga aktif sebagai Ketua Gerakan Muslimah Indonesia (GMI). Sayangnya Ratna tak bisa ditemui usai pertemuan tersebut.Next

Tidak ada komentar:

Posting Komentar